Friday 20 February 2015

Tips dan Cara Menghemat BBM untuk Motor dan Mobil

Harga BBM yang tidak pasti sekarang ini membuat kita was-was dan khawatir dengan tidak pastinya harga BBM. Karena harga BBM sekarang khususnya premium tidak disubsidi oleh pemerintah. Jadi harga BBM mengikuti harga pasar minyak dunia. Hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi harga BBM yang tidak pasti, 





kali ini saya akan membagi tips cara menghemat BBM untuk motor dan mobil:
  1. Panaskan motor atau mobil sebelum digunakan selama 30 detik sampai 1 menit agar proses pembakaran pada mesin sempurna. Tidak perlu terlalu lama dalam memanaskan mesin. 
  2. Tetap menjaga putaran dan kecepatan mesin agar stabil. Terlalu sering menginjak atau menarik gas secara spontan akan membuat BBM keluar lebih banyak.
  3. Terkadang gunakanlah engine brake untuk mengurangi kecepatan motor/mobil, karena dengan menggunakan engine brake akan membuat kecepatan turun secara perlahan. Apabila kondisi darurat gunakanlah rem.
  4. Kondisi angin ban harus ideal tidak boleh dalam keadaan kurang angin, karena dapat memperberat kinerja mesin sehingga membutuhkan BBM yang cukup banyak.
  5. Servis mesin mobil/motor anda secara berkala agar kondisi mesin dan komponen tetap terjaga.
  6. Gunakan motor/mobil anda secara bijak. Artinya apabila hanya ingin bepergian ke tempat yang dekat dengan rumah lebih baik jalan kaki ataupun sepeda tentu kondisi badan kita akan lebih fit dan sehat.
Itulah beberapa tips dalam menghemat BBM untuk motor dan mobil kita. Semoga tips tadi dapat bermanfaat bagi pengguna motor dan mobil di Indonesia. Terima kasih. 

Tips dan Cara Menghemat BBM untuk Motor dan Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rizal Blog's

0 comments:

Post a Comment